Rabu, 08 Juni 2011

Manfaat Krim Malam

Bagi sebagian orang krim malam merupakan rutinitas yang wajib dilakukan Namun, bagi sebagian orang lain, bahkan enggan memakai krim malam. Sebelum memutuskan memakai krim malam atau tidak, ada baiknya kita mengetahui menfaat penggunaan krim malam bagi kulit wajah kita.
Berikut saya dapat dari site anneahira mengenai 10 manfaat krim malam bagi kulit wajah.

1. Menghaluskan kulit wajah 
Secara umum, krim malam mengandung minyak. Minyak ini merupakan salah satu bahan yang berfungsi sebagai pelembap kulit wajah. Khasiatnya tentu adalah melembapkan wajah yang kering. 
Krim malam yang mengandung banyak minyak esensial (EFAs = Essensial Fatty Acids) cocok digunakan bagi Anda yang berkulit normal dan berkulit kering. Bahan EFA yang sering digunakan misalnya saja minyak ekstrak bunga matahari, minyak ekstrak kelapa, ekstrak minyak alpokat, dan minyak ekstrak buah zaitun.

2. Memutihkan kulit wajah 
Selain bisa menghaluskan kulit wajah, krim malam juga mampu memutihkan. Krim malam yang mampu memutihkan kulit wajah di antaranya adalah krim malam yang mengandung ekstrak minyak bunga matahari, kojic acid, asam glikolat, azaleic acid, dan lain-lain.
3. Menghilangkan wajah kusam
Wajah kusam merupakan salah satu efek dari penuaan. Wajah yang kusam membuat wajah tampak layu dan tidak segar dipandang mata. Krim malam yang mengandung retinoid (misalnya AHA = Alpha Hidroxy Acid) mampu mengatasi problem wajah yang kusam.

4. Menghilangkan bintik atau flek hitam
Flek hitam atau bintik hitam di wajah juga merupakan salah satu tanda penuaan. Biasanya, diawali di daerah sekitar mata.
Penggunaan krim malam yang mengandung retinoid, misalnya AHA (Alpha Hidroxy Acid) secara teratur akan mengurangi secara perlahan-lahan masalah bintik-bintik hitam pada wajah.

5. Mengurangi kerutan atau keriput 
Keriput yang merupakan tanda penuaan terjadi ketika kulit wajah kehilangan banyak kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin ini merupakan protein pengisi jaringan kulit dan jaringan tubuh lainnya.
Penggunaan krim malam pada wajah yang banyak mengandung elastin dan kolagen serta retinoid secara teratur, perlahan-lahan bisa mengurangi kerutan atau keriput di wajah. 

6. Mengencangkan kulit wajah 
Saat terjadi proses keriput, kulit wajah akan mengalami kekenduran. Seperti halnya keriput, kulit kendur juga terjadi akibat kulit kehilangan kelembapan, kolagen, gliserin, dan elastin.
Penggunaan krim malam yang banyak mengandung minyak alami, kolagen, alantoin, elastin, dan retinoid secara teratur, bisa sedikit mengurangi kekenduran dan membuat kulit wajah menjadi lebih kencang.

7. Meningkatkan kekenyalan dan elastisitas 
Masalah yang satu ini juga merupakan salah satu efek penuaan. Kekenyalan dan elastisitas kulit yang menurun terjadi akibat zat pengisi kulit wajah yang semakin sedikit. Diet ketat juga mampu menyebabkan penurunan kekenyalan dan elastisitas kulit.
Penggunaan krim malam yang banyak mengandung kolagen, asam hyaluronat, retinoid, gliserin, dan elastin sudah terbukti secara klinis mampu menambah kekenyalan dan elastisitas kulit wajah.

8. Menyembuhkan jerawat
Beberapa jenis krim malam dibuat khusus untuk menyembuhkan kulit wajah yang berjerawat. Penggunaan krim malam yang khusus mengandung zat tertentu (misalnya, antibakteri) secara teratur bisa menyembuhkan dan membuat kulit terbebas dari jerawat.
Tak hanya itu, bagi kulit wajah yang berminyak dan berjerawat juga bisa menggunakan krim malam yang mengandung bahan noncomedogenic(bahan pengurang minyak dan antikomedo), pelembab berbahan dasarair, dan pelembab yang tidak menambah jumlah minyak pada wajah (misalnya, yang mengandung ekstrak minyak bunga matahari dan minyak biji anggur).

9. Membuat Anda terlihat lebih muda
Di kalangan sosialita (kalangan atas), perawatan diri supaya tampak lebih muda merupakan suatu keharusan. Sebenarnya, semua orang juga bisa melakukannya. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan merawat kulit wajah.
Penggunaan krim malam yang banyak mengandung retinoid, asam hyaluronat, gliserin, kolagen, dan elastin secara teratur akan membuat kulit wajah tampak lebih muda beberapa tahun. Tak hanya itu, beberapa krim malam juga sering menambahkan bahan anti-penuaan yang berupa zat antioksidan. Misalnya, vitamin untuk wajah.

10. Menghilangkan stres
Alasan krim malam banyak digunakan adalah karena pada malam hari, saat kita tidur, semua organ tubuh cenderung beristirahat. Dalam kondisi tersebut, tubuh akan rileks dan terbebas dari stres.
Krim malam juga banyak mengandung minyak esensial yang merupakan minyak untuk aromaterapi. Minyak ini akan membantu Anda untuk beristirahat dengan tenang dan nyaman. Jadi, dengan menggunakan krim malam saat tidur, Anda akan terbebas dari stres.

Dari pemaparan manfaat-manfaat krim malam di atas, manfaat manakah yang ingin dirasakan Anda untuk kulit wajah? Tentukan dan pilihlah krim malam yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 Cantik dan Sehat | by TNB